Pages

Sabtu, 26 November 2011

MASALAH : PENYEBAB PALING UTAMA GAGAL DALAM BISNIS ONLINE

Kalau sebelumnya saya sering menulis tentang sukses bisnis online, sekarang mencoba mengungkap beberapa Penyebab kegagalan Bisnis Online / Internet. Karena usaha di Internet / bisnis online / mencari uang di internet  sebenarnya tidak jauh dengan usaha offline yang selama ini kita geluti. Namun demikian karena bisnis di Internet / mencari uang via internet adalah hal baru tentu ada beberapa perbedaan.
 Adapun penyebab kegagalan dalam menjalankan bisnis di internet bisa saya uraikan beberapa point sebagai berikut:
1.1  Tidak Yakin / Tidak Percaya / Setengah  Hati: kalau bisnis di internet bisa menghasilkan uang. Karena tidak yakin maka yang sering terjadi hanya ikut ikutan, bahkan asal asalan, sehingga tidak upaya untuk sungguh sungguh. Tentu saja jika pekerjaan tidak diyakini bagaimana mungkin bisa menghasilkan.
Kita sering ikut ikutan saja, 1/2 hati, tanpa ada tujuan yang jelas, Tanpa target, tanpa rencana, tanpa upaya dan akhirnya ya tanpa hasil.
1.2. Tidak Pernah Yakin Bahwa Rejeki Sudah ada Yang Mengatur
Kembali lagi keyakinan adalah bagian yang terpenting dalam setiap usaha. Percayalah rejeki itu memang sudah diatur, tugas kita hanyalah menyiapkan wadah / tempat / jalan / pintu  sehingga rejeki itu dengan mudah kita peroleh.  Jangankan manusia : seekor cecak saya begitu yakin bisa hidup meskipun rejekinya harus lewat nyamuk / kutu yang bisa terbang dan gesit.
Karena rejeki itu sudah ada dan pasti ada maka tugas kita hanyalah menjemputnya, menyambutnya dengan segala upaya sampai maksimal. Coba lagi, gagal, coba lagi, gagal,… coba lagi. Coba mencoba lagi…….!!
2. Terlalu Bernapsu Cepat Kaya, Uang Melimpah Dalam Sekejap, tanpa kerja duit banyak:
Berfikir internet itu cepat, jangkauannya luas maka dengan mudah akan menghasilkan uang melimpah dalam sekejap. Pendapat ini sering menyesatkan yang menyebabnya banyak skema cepat kaya dan ujung ujungnya ikut sistem / skema penipuan bisnis online. Banyak iklan yang tidak bertanggung jawab yang menggiring para pemula usaha di internet gagal, jatuh dan akhirnya trauma.
3. Tidak Fokus pada satu bisnis yang dipilih:
Terlalu banyak yang dijalankan, terlalu banyak yang dicoba, sementara tenaga dan waktu yang tersedia terbatas, sehingga waktu dan tenaga akan terkuras habis, hasilnya tidak maksimal, bahkan menjadi penyebab kegagalan dalam bisnis di internet.
Tidak mudah menentukan bisnis yang paling cocok dan bisa menghasilkan uang. Yang cocok dengan keinginan banyak, tapi yang bisa menghasilkan dengan baik ternyata butuh waktu dan pengorbanan. Untuk itu cobalah sebelum memulai bisnis online, banyak membaca di forum forum orang orang yang sudah memulai sebelumnya seperti : adsense-id.com (untuk indonesia) dan digitalpoint.com (untuk luar negeri), tentu masih banyak yang lain silahkan dicari.
Jika sudah menemukan cobalah untuk memulai, jangan menunda nunda, jangan takut gagal, jangan takut rugi, karena tanpa memulai / mencoba bagaimana kita bisa mendapat pengalaman dalam berbisnis di internet. Coba fokus dulu dalam satu bidang saja minimal 6 atau 1 tahun. Coba evaluasi, analisa, dan belajar fokus pada bidang itu. Cari kelebihan dan kekuranganya.
3. Tidak Runtut / Urut / Sistematis: Jika anda pemula tentu harus ada tahapan yang harus dilalui, agar tidak berdarah darah maka butuh proses panjang yang harus dipehuni. Kita sering ingin jalan pintas, tidak perlu belajar, tidak perlu blog, dan langsung sukses. Mungkin bisa saja anda sukses, tapi kurang sempurna, dan kurang permanen tingkat kesuksesannya, sehingga jika nantinya ada perubahan yang menyebabkan bisnis kita gagal, maka butuh waktu untuk recoverynya. a. harus memiliki email : tidak mungkin bisnis online tanapa memiliki email. b. Harus bisa membuat blog. minimal  blogspot.com dan blog wordpress.com, c. Harus mengerti media iklan di internet seperti : Iklan baris, iklan banner, Pay per click, google adword, d. Harus mau belajar istilah istilah / macam macam bisnis di internet : coba baca link Bidang usaha di Internet
e. Harus menjadi member social network seperti facebook, twiter. f. Minimal bisa 2 bahasa a. bahasa Indonesia yang baik dan bahasa Inggris, kalau belum bisa bahasa inggris ya harus mau belajar, dan mau belajar menggunakan tool seperti google translate. g. Belajar dan akhirnya paham apa itu SEO / Optimasi mesin pencari / search engine optimization. h. Dan pada akhirnya harus mau mengeluarkan uang untuk : beli domain, beli hosting, beli iklan, dan beli apa saja yang bisa mengatasi kegagalan dan mendukung kesuksesan.
4. Mudah Menyerah / Tidak Semangat / Loyo / Berhenti di tengah Jalan
Penyakit yang sering kita alami dalam mencari rejeki di internet adalah : semangat di depan tapi mudah menyerah / loyo / dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Kata kata yang sering di ucapkan yang menyebabkan kita gagal di bisnis online: a. Saya tidak cocok dengan bisnis di intenet, b. Saya tidak bisa, karena bukan bidang saya, c. Bisnis online itu penipu dan omong kosong, d. Saya tidak percaya karena saya sudah mencoba dan gagal. e. Sudah setahun pendapatan PPC saya masih dibawah 1 dollar, bisnis apaan ini.
4. Tidak mau berguru karena merasa Pintar dan Gengsi
Percaya diri itu bagis tapi terlalu PD itu kadang menjadi penyebab kegagalan mencari dollar di Internet. Guru di internet itu belum berarti seoarng lulusan Sarjana / S1, S2, S2. Guru di internet itu kadang seperti pengangguran, umurnya baru 20 tahun, tapi pendapatannya ribuan dollar. Untuk itu karena gengsi dll sering menjadi penyebab kegagalan agar bisa sukses di bisnis online.
5. Tidak pernah Instropeksi / Evaluasi Diri
Evaluasi di setiap usaha yang dilakukan itu penting, sebab kadang kegagalan kita itu sebenarnya peyebabnya sepele. Produk / jasa yang kita jual teryata hanya membutuhkan beberapa perubahan. Baik gambar, title , tag, judul, layout. Anda cukup meminta saran seorang yang sudah pengalaman, sering membandingkan dengan produk lain yang serupa tapi laku. Terutama terkait dengan: a. Tampilan, Isi,  dan judul website kita sudah relevan, b. Apakah di blog / website kita sudah terpampang alamat, nomor telpon, YM yang jelas. c. Apakah kita sudah melayani pelanggan dengan baik, sopan dan profesional, d. Apakah kita sudah melakukan secara maksimal dalam meramaikan, e. Apakah iklan / promo sudah tertarget, dan tersekmen, f. Apakah dari segi SEO webkita sudah teroptimasi, misal untuk kata kunci yang dipidik sudah ada di halaman pertama, g. Apakah kita sudah ikut forum forum diskusi yang sesuai, apakah kita sudah meminta master untuk konsultasi bisnis yang kita geluti.
Jangan putus asa, ketika saya menulis artikel ini kondisi saya juga lagi proses perjuangan berat, tapi saya tetap yakin, naik turun itu adalah bagian dari proses, bagian dari perputaran, bagian dari puasa, bagian dari proses perenungan. Ada saat saat kita dibawah, ada saat saat kita di atas. Jika semua disyukuri maka tidak ada kata gagal, tidak ada kata jatuh, yang ada hanyalah bagian dari proses hidup menjemput rejeki dan menikmati proses.
Hidup sukses dan bahagia, harus diupayakan dalam kondisi apapun, karena semua itu bagian dari management rasa: barang siapa yang pandai mengatur rasa dalam kondisi apapun dialah yang : Sukses dan Bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar