Pages

Sabtu, 26 November 2011

SUKSES MEMBUAT BISNIS KREASI DENGAN MIE

Memulai bisnis makanan baik makanan utama seperti nasi, pasta atau mie, maupun snack seperti kue, roti atau es krim memang suatu tantangan tersendiri. Bukan hanya harus mengandalkan keahlian memasak, dalam bisnis makanan juga diperlukan strategi bisnis dan kreativitas pengolahan masakan agar tampak menarik dan lezat. Di Indonesia , menu yang banyak diminati selain nasi adalah mie. Bahkan menurut beberapa riset, Indonesia adalah negara pengkonsumsi mie terbesar kedua setelah Cina. Oleh karena itu, kreasi makanan ini banyak dipilih sebagai bisnis makanan yang menjanjikan. Lalu, bagaimana cara membuat mie dengan kekenyalan yang tepat dan lezat sehingga bisnis mie dapat berhasil? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa berguna: Dalam membuat mie, pastikan Anda menggunakan tepung terigu bergluten tinggi dengan tingkat protein lebih dari 12 % yaitu terigu Cakra Kembar, sehingga mie yang dihasilkan elastis dan tidak gampang putus.
  1. Selain tepung terigu Cakra Kembar, dalam pembuatan mie juga diperlukan air, garam serta air khi. Air khi terbuat dari air abu tetapi beraroma khas dan membuat mie tidak gampang putus.
  2. Setelah semua adonan tercampur, uleni mie hingga kalis, yaitu hingga adonan tersebut tidak putus saat ditarik dan terasa elastis.
  3. Selain bahan-bahan di atas, Anda juga dapat menambahkan telur ke dalam adonan sehingga mie yang dihasilkan lebih gurih dan warnanya menjadi lebih kuning.
  4. Setelah adonan siap, diamkan adonan mie selama ± 15 menit dan tutup adonan mie dengan plastik atau lap lembab supaya mie tidak kering dan putus saat dicetak.
  5. Cetak mie dengan alat penggiling khusus mie. Namun sebelumnya taburi seluruh permukaan mie dengan tepung kanji/tepung terigu/tepung maizena agar mie tidak lengket.
  6. Mie dapat diolah menjadi beragam sajian dengan cara direbus atau digoreng. Untuk mie basah, cuci dahulu dengan air panas untuk menghilangkan minyaknya. Sedangkan untuk mie kering, rendam atau rebus dalam air panas hingga lunak.
  7. Belajar di Bogasari Baking Center biar bisa mendapatkan tips lainnya dan mahir membuat mie.

0 komentar:

Posting Komentar