Pemasaran adalah strategi atau cara bagaimana melakukan berbagai aktifitas agar terjadi pertukaran (exchange)
antara produsen dengan konsumen. Dalam hal pendidikan, pemasaran
mengatur strategi dan cara agar konsumen mau mengeluarkan uang yang
mereka miliki untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan.
Untuk
bisa memasarkan produk dengan baik, harus dimulai dari visi, misi, dan
tujuan yang jelas perusahaan ingin diarahkan ke mana. Visi, misi dan
tujuan ini biasanya harus dimulai dari manajemen, yang kemudian
ditransfer kepada karyawan.
Selanjutnya,
perusahaan juga harus menganalisis berbagai faktor eksternal yang
mungkin berpengaruh dengan lembaganya. Faktor-faktor eksternal tersebut
yang pertama adalah Lingkungan Makro. Lingkungan makro di sini terdiri
dari sisi perkembangan penduduk dengan segala sifat dan karakternya.
Faktor lain dari lingkungan makro adalah teknologi, di mana kita juga
harus melihat berbagai perkembangan teknologi yang mungkin bisa
diterapkan di perusahaan kita.
Faktor
berikutnya dari lingkungan makro adalah aturan Pemerintah. Di Indonesia
termasuk unik, karena aturan pemerintah sering berubah dengan perubahan
menteri. Karena itu, antisipasi berbagai aturan ini diperlukan agar
perusahaan bisa fleksible dalam mengadaptasi berbagai perubahan aturan.
Setelah
lingkungan makro, lingkungan eksternal lain yang perlu diperhatikan
adalah peta industri dan persaingan. Perusahaan perlu memetakan siapa
pesaing-pesaing mereka, baik yang berpotensi untuk bersaing langsung
maupun tidak langsung. Pemetaan kondisi ini akan menghasilkan kekuatan
dan kelemahan pesaing kita, sekaligus melihat aspek mana yang bisa
dijadikan sebagai keunggulan bersaing.
Setelah
melihat kondisi persaingan, perusahaan perlu memahami konsumen atau
pelanggan. Pemahaman tentang konsumen, nilai-nilai yang mereka anut, dan
nilai tambah seperti apa yang diinginkan mereka akan sangat membantu
perusahaan dalam mendisain produk dan jasa yang dibutuhkan.
Untuk
bisa memberikan nilai tambah, perusahaan harus terlebih dahulu
mengetahui selera dan kebutuhan konsumen secara baik. Biasanya dilakukan
survey ataupun wawancara dengan calon-calon konsumen mengenai apa
harapan dan keinginan mereka tentang perusahaan.
Perusahaan
biasanya kesulitan untuk menentukan apakah perusahaannya diperuntukkan
bagi masyarakat kelas menengah atas atau untuk menengah bawah.
Perusahaan sejak awal harus menentukan lembaganya diarahkan untuk kelas
mana.
Dengan
menentukan target market yang dituju, perusahaan bisa memberikan satu
nilai tambah yang menjadi pembeda dibandingkan dengan para pesaingnya.
Nilai tambah inilah yang disebut sebagai differensiasi. Dengan differensiasi yang kuat, bisa menjadi senjata dalam menghadapi berbagai persaingan.
Setelah
peta kondisi eksternal sudah didapatkan, perusahaan tinggal memikirkan
kondisi internal strategi apa yang akan dilakukan untuk mengelola
perusahaan. Pola pengelolaan strategi internal ini, dalam ilmu pemasaran
sering disebut sebagai strategi 4 P yaitu mengelola produk, harga,
saluran distribusi dan promosi (product, price, place of distrbution, promotion).
Produk-produk
perusahaan bisa dibagi menjadi dua bagian; yaitu produk utama dan
produk pendukung. Produk utama adalah kegiatan belajar mengajar dengan
segala prosesnya. Karena bukan barang jadi, proses kegiatan belajar
mengajar adalah produk utama yang melibatkan emosi dan perasaan dari
peserta didik sebagai konsumen. Karena itu, agar produk utama ini baik harus diciptakan pengalaman belajar mengajar yang menyenangkan.
Perusahaan
harus menentukan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Survey kebutuhan pelanggan perlu dilakukan agar produk yang diberikan
sesuai dengan pilihan mereka.
Setelah
menentukan produk apa yang ingin ditawarkan, selanjutnya adalah
menentukan berapa harga yang harus dibayar oleh konsumen. Prinsip utama
dalam menentukan harga adalah menghitung keseluruhan biaya yang
diperlukan. Dari situ, tinggal ditambahkan berapa persen laba yang ingin
diperoleh untuk kepentingan pengembangan dan penghitungan berapa tahun
akan balik modal.
Dalam
hal distribusi, perlu juga dipikirkan bagaimana produk yang kita buat
akan sampai kepada konsumen. Perlu dipikirkan apakah produk kita jual
secara langsung atau dipercayakan kepada distributor dan agen untuk
penyebarannya. Yang penting adalah bagaimana produk tersebut bisa sampai ke tangan konsumen.
Salah
satu faktor yang penting dalam pemasaran sebagai P yang terakhir dari
4P yaitu promosi. Promosi adalah usaha-usaha sadar untuk melakukan
sosialisasi, penerangan, dan pemberitahuan kepada masyarakat tentang
berbagai informasi, yang biasanya mengenai berbagai produk yang
ditawarkan. Aktivitas promosi
melibatkan berbagai bentuk dan variasi yang sangat beragam. Tinggal
bagaimana para pengelola melakukan berbagai promosi kreatif sesuai
dengan kebutuhan dan anggaran promosi yang disediakan.
Bentuk
promosi yang paling tradisional adalah iklan. Iklan adalah pemasangan
informasi produk di berbagai media dan penerbitan mulai dari koran,
majalah, tabloid, televisi, dan juga radio. Iklan memang efektif
menjangkau khalayak yang luas, tetapi dari sisi biaya memang membutuhkan
anggaran yang besar. Jika terasa bahwa biaya iklan di media massa cukup
besar, bisa dicoba bentuk lain yaitu dengan brosur, leaflet, dan juga
spanduk yang dipasang di sekitar wilayah di mana konsumen berada. Dengan demikian, informasi lengkap tetap bisa didapatkan oleh target konsumen kita.
Cara
lain yang efektif adalah melalui promosi dari mulut ke mulut (word of
mouth) di mana satu orang memberikan penjelasan kepada orang lain karena
merasa mendapatkan manfaat yang baik dari produk atau jasa yang
digunakan. Promosi ini sangat efektif karena biasanya orang lebih
percaya kepada apa yang dikatakan oleh saudara ataupun teman-teman yang
sudah merasakan terlebih dahulu.
Pada
akhirnya, aktifitas promosi apapun dalam perusahaan tidak bisa berjalan
efektif jika secara internal tidak memperhatikan faktor kualitas sebuah
perusahaan. Dengan kualitas produk yang baik, ditambahkan komunikasi
yang mengena, maka aktifitas perusahaan bisa berjalan dengan baik.
Sumber : http://www.sentrakukm.com